Menu

Mode Gelap
Santri: Bukan Hanya Cadangan Pesantren, Tetapi Juga Cadangan Pemerintah Cyberbullying: Ancaman Tersembunyi Di Era Digital Bagaimana Perempuan Haid Dapat Pahala di Bulan Ramadan? Mengenal Peran Duta Damai Santri Jawa Timur Blokagung Bersholawat Berhasil Kobarkan Semangat Para Santri

Tanya Jawab · 9 Apr 2024 16:21 WIB ·

Ustadz Menerima Zakat?


 Ustadz Menerima Zakat? Perbesar

Oleh: Ahmad Maimun Nafis 

Sebagai Faqir-Miskin

Faqir dan miskin adalah kelompok orang yang pendapatan mereka tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan hidupnya secara layak. Mereka sering kali tidak memiliki sumber pendapatan yang stabil atau cukup untuk membeli makanan, sandang, papan, serta memenuhi kebutuhan dasar lainnya. Kondisi ini membuat mereka bergantung pada bantuan dari orang lain atau lembaga amal untuk bertahan hidup.

Bagi kelompok yang tidak memiliki pendapatan dan tidak mampu bekerja, penilaian kemiskinan dilakukan berdasarkan aset yang dimilikinya. Jika aset yang dimiliki cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup sampai batas umur yang dianggap dewasa (umur 63 tahun dalam konteks ini), maka orang tersebut tidak dikategorikan sebagai miskin. Namun, jika aset yang dimiliki tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan hidup sampai batas tersebut, maka orang tersebut dianggap miskin.

Dalam konteks seorang ustadz, jika ia memenuhi kriteria kemiskinan seperti yang dijelaskan sebelumnya, maka ia berhak menerima zakat. Bahkan memberikan zakat kepada seorang ustadz yang miskin memiliki keutamaan tersendiri dalam Islam. Hal ini karena memberikan bantuan kepada para ulama, guru agama, atau mereka yang berdedikasi dalam menyebarkan ilmu agama dipandang sebagai amal yang sangat mulia dalam Islam. Ini menunjukkan penghargaan terhadap ilmu dan upaya mereka dalam menyebarkan ajaran agama serta memberikan dukungan kepada mereka yang membutuhkan.

Sebagai Sabilillah

Perdebatan mengenai kelayakan Ustadz dalam menerima zakat melalui status sabilillah telah menjadi subjek yang menarik perhatian dalam ruang intelektual keagamaan. Pertanyaan tentang apakah praktik ini sesuai dengan prinsip-prinsip hukum Islam atau tidak, telah mengundang pandangan yang beragam dari berbagai kalangan ulama. Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi dinamika perdebatan tersebut, dengan mempertimbangkan perspektif yang berbeda dari ulama-ulama yang mewakili berbagai mazhab dalam Islam. Kajian ini dilakukaan oleh komunitas santri HUKUM dan HIKMAH.

Argumen Menolak Kelayakan Ustadz dalam Menerima Zakat

Sebagian besar ulama (jumhur) dari kalangan fuqoha’, mufassirin, dan muhadditsin menolak praktik Ustadz menerima zakat melalui status sabilillah. Mereka mengacu pada prinsip-prinsip hukum Islam yang menegaskan bahwa zakat harus disalurkan langsung kepada golongan yang berhak menerima, seperti fakir miskin, ashnaf, dan mustahiq lainnya. Adapun “Sabilillah” menurut kelompok ini hanya terkhusus kepada mereka yang ikut serta dalam peperangan (guzzat) dengan beberapa syarat tertentu. Artinya, Ustadz dalam hal ini tidak bisa masuk dalam kategori sabilillah sehingga ia tidak berhak menerima zakat kecuali ia memenuhi kriteria-kriteria dalam kategori lain (faqir, miskin, ghorim).

  • شرح بلوغ المرام لعبد الكريم خضير ص٤٩ ج ١٤

«وفي سبيل الله» والمراد به في قول الجمهور الجهاد في سبيل الله لإعلاء كلمة الله، المراد في سبيل الله الجهاد عند الجمهور

Argumen Mendukung Kelayakan Ustadz sebagai sabilillah

Di sisi lain, sejumlah ulama dari berbagai mazhab, terutama dari Malikiyah dan Hanafiah, mempertahankan pandangan bahwa Ustadz dapat menerima zakat melalui status sabilillah. Mereka pola tafsir yang berbeda dengan mayoritas dimana interpretasi sabilillah tidak mengambil makna spesifik terhadap pejuang perang, namun mereka justru memilih makna universal yakni jalan menuju Allah. Melalui pola interpretasi yang universal inilah kamudian kelompok ini menganggap Ustadz layak dikategorikan sebagai sabilillah sehingga ia berhak untuk menerima zakat.

  • شرح الخرشي على مختصر خليل الفقه المالكي

‎(قَوْلُهُ وَالْقَاضِي وَالْعَالِمُ إلَخْ) أَيْ: قَاضِي الْمُسْلِمِينَ وَعَالِمُهُمْ وَمُفْتِيهِمْ وَلَيْسَ الْمُرَادُ الْقَاضِيَ فِي الزَّكَاةِ وَالْعَالِمَ فِيهَا؛ لِأَنَّهُ لَا حَاجَةَ لِذَلِكَ بَعْدَ قَوْلِ الْمُصَنِّفِ فِي شُرُوطِ السَّاعِي عَدْلٌ عَالِمٌ، (قَوْلُهُ: وَلِذَا إذَا لَمْ يُعْطَوْا مِنْهُ) ظَاهِرُهُ وَلَوْ أَغْنِيَاءَ وَهُوَ مَا نَصَّ عَلَيْهِ ابْنُ رُشْدٍ وَاللَّخْمِيُّ فَقَدْ أَجَابَ سَيِّدِي مُحَمَّدٌ الصَّالِحُ بْنُ سُلَيْمٍ الْأَوْجَلِيُّ حِينَ سُئِلَ عَنْ إعْطَاءِ الزَّكَاةِ لِلْعَالِمِ الْغَنِيِّ وَالْقَاضِي وَالْمُدَرِّسِ وَمَنْ فِي مَعْنَاهُمْ مِمَّنْ نَفْعُهُ عَامٌّ لِلْمُسْلِمِينَ بِمَا نَصُّهُ: الْحَمْدُ لِلَّهِ يَجُوزُ إعْطَاءُ الزَّكَاةِ لِلْقَارِئِ وَالْعَالِمِ وَالْمُعَلِّمِ وَمَنْ فِيهِ مَنْفَعَةٌ لِلْمُسْلِمِينَ وَلَوْ كَانُوا أَغْنِيَاءَ لِعُمُومِ نَفْعِهِمْ وَلِبَقَاءِ الدَّيْنِ كَمَا نَصَّ عَلَى جَوَازِهَا ابْنُ رُشْدٍ وَاللَّخْمِيُّ وَقَدْ عَدَّهُمْ اللَّهُ ﷾ فِي الْأَصْنَافِ الثَّمَانِيَةِ الَّتِي تُعْطَى لَهُمْ الزَّكَاةُ حَيْثُ قَالَ ﴿وَفِي سَبِيلِ اللَّهِ﴾ [التوبة: ٦٠] يَعْنِي: الْمُجَاهِدَ لِإِعْلَاءِ كَلِمَةِ اللَّهِ، وَإِنَّمَا ذَلِكَ لِعُمُومِ نَفْعِهِمْ لِلْمُسْلِمِينَ فَيُعْطَى الْمُجَاهِدُ وَلَوْ كَانَ غَنِيًّا كَمَا ذَكَرْنَاهُ فِي عُمُومِ النَّفْعِ، وَفِي هَذَا الْمَعْنَى الْعَالِمُ وَالْقَارِئُ وَالْمُعَلِّمُ وَالْمُؤَذِّنُونَ؛ لِأَنَّ فِي ذَلِكَ بَقَاءَ الْإِسْلَامِ وَشُهْرَتَهُ وَتَعْظِيمَهُ وَإِرَاحَةَ الْقُلُوبِ عَلَيْهِ فَيَنْخَرِطُ ذَلِكَ فِي سِلْكِ قَوْله تَعَالَى ﴿وَفِي سَبِيلِ اللَّهِ﴾ [التوبة: ٦٠] قَالَهُ مُحَمَّدٌ الصَّالِحُ بْنُ سُلَيْمٍ الْأَوْجَلِيُّ وَقَالَ اللَّخْمِيُّ: الْعُلَمَاءُ أَوْلَى بِالزَّكَاةِ وَلَوْ كَانُوا أَغْنِيَاءَ ذَكَرَهُ الشَّيْخُ مُحَمَّدٌ الْفَاسِيُّ فِي حَاشِيَتِهِ عَلَى الْمُخْتَصَرِ قَالَ شَيْخُنَا السَّيِّدُ مُحَمَّدٌ : هَذَا كُلُّهُ مَا لَمْ يَكُنْ لَهُمْ رَاتِبٌ فِي بَيْتِ الْمَالِ.

  • لوامع الدرر في هتك استار المختصر ٣/‏٥٣٣ الفقه المالكي

‎ولا يعطى من الزكاة المفتي والقاضي والعالم؛ لأنهم يعطون من بيت المال، قال عبد الباقي : ولذا إن لم يعطوا منه أعطوا منها. انتهى. وقال الشبراخيتي : وأما الفقيه والمفتي والقاضي فرزقهم من بيت المال، فإن لم يكن أو كان ولم يعطوا أعطوا منها. انتهى. ونحوه للخرشي ، قال محمد بن الحسن : ظاهر هذا أنهم حينئذ يعطون من الزكاة لو كانوا أغنياء،

Dari kalangan Hanafiyah juga ditemukan beberapa Ulama’ yang tidak mengkhususkan definisi sabilillah pada ghuzzah.

  • درر الحكام شرح غرر الأحكام ١/‏١٨٩- الفقه الحنفي

‎(قَوْلُهُ: هُوَ مُنْقَطِعُ الْغُزَاةِ. . . إلَخْ ) قَالَ فِي الظَّهِيرِيَّةِ فِي سَبِيلِ اللَّهِ قِيلَ طَلَبَةُ الْعِلْمِ وَكَذَا فِي الْمَرْغِينَانِيِّ وَقَالَ السُّرُوجِيُّ قُلْتُ بَعِيدٌ، فَإِنَّ الْآيَةَ نَزَلَتْ وَلَيْسَ هُنَاكَ قَوْمٌ يُقَالُ لَهُمْ طَلَبَةُ عِلْمٍ. اهـ. قُلْتُ وَاسْتِبْعَادُهُ بَعِيدٌ؛ لِأَنَّ طَلَبَ الْعِلْمِ لَيْسَ إلَّا اسْتِفَادَةَ الْأَحْكَامِ وَهَلْ يَبْلُغُ طَالِبُ عِلْمٍ رُتْبَةَ مَنْ لَازَمَ صُحْبَةَ النَّبِيِّ ﷺ لِتَلَقِّي الْأَحْكَامِ عَنْهُ كَأَصْحَابِ الصُّفَّةِ فَالتَّفْسِيرُ بِطَالِبِ الْعِلْمِ وَجِيهٌ خُصُوصًا قَدْ قَالَ فِي الْبَدَائِعِ فِي سَبِيلِ اللَّهِ جَمِيعُ الْقُرَبِ فَيَدْخُلُ فِيهِ كُلُّ مَنْ سَعَى فِي طَاعَةِ اللَّهِ وَسَبِيلِ الْخَيْرَاتِ إذَا كَانَ مُحْتَاجًا. اهـ.

  • البحر الرائق شرح كنز الدقائق ٢/‏٢٦٠ الفقه الحنفي

‎(قَوْلُهُ: وَمُنْقَطِعُ الْغُزَاةِ) هُوَ الْمُرَادُ بِقَوْلِهِ – تَعَالَى – ﴿وَفِي سَبِيلِ اللَّهِ﴾ [التوبة: ٦٠]، وَهُوَ اخْتِيَارٌ مِنْهُ لِقَوْلِ أَبِي يُوسُفَ، وَعِنْدَ مُحَمَّدٍ مُنْقَطِعُ الْحَاجِّ، وَقِيلَ: طَلَبُهُ الْعِلْمَ وَاقْتَصَرَ عَلَيْهِ فِي الْفَتَاوَى الظَّهِيرِيَّةِ وَفَسَّرَهُ فِي الْبَدَائِعِ  بِجَمِيعِ الْقُرَبِ فَيَدْخُلُ فِيهِ كُلُّ مَنْ سَعَى فِي طَاعَةِ اللَّهِ – تَعَالَى، وَسَبِيلِ الْخَيْرَاتِ إذَا كَانَ مُحْتَاجًا اهـ. وَلَا يَخْفَى أَنَّ قَيْدَ الْفَقِيرِ لَا بُدَّ مِنْهُ عَلَى الْوُجُوهِ كُلِّهَا فَحِينَئِذٍ لَا تَظْهَرُ ثَمَرَتُهُ فِي الزَّكَاةِ، وَإِنَّمَا تَظْهَرُ فِي الْوَصَايَا وَالْأَوْقَافِ (قَوْلُهُ: فَحِينَئِذٍ لَا تَظْهَرُ ثَمَرَتُهُ فِي الزَّكَاةِ) …. قُلْت: وَقَدْ رَأَيْته أَيْضًا فِي جَامِعِ الْفَتَاوَى مَعْزِيًّا إلَى الْمَبْسُوطِ وَنَصُّهُ: وَفِي الْمَبْسُوطِ لَا يَجُوزُ دَفْعُ الزَّكَاةِ إلَى مَنْ يَمْلِكُ نِصَابًا إلَّا إلَى طَالِبِ الْعِلْمِ وَالْغَازِي وَالْمُنْقَطِعِ لِقَوْلِهِ  وَيَجُوزُ دَفْعُ الزَّكَاةِ لِطَالِبِ الْعِلْمِ، وَإِنْ كَانَ لَهُ نَفَقَةُ أَرْبَعِينَ سَنَةً اهـ. وَهَذَا مُنَافٍ لِدَعْوَى النَّهْرِ تَبَعًا لِفَتْحِ الْقَدِيرِ

Klaim Ijmak dalam Menolak Kelayakan Ustadz dalam Menerima Zakat

Pendapat yang membolehkan ini bukan tanpa polemik. Beberapa Ulama menganggap pendapat pembanding (yang membolehkan status Ustadz sebagai sabilillah) di atas tidak sah secara hukum. Pendapat yang membolehkan tersebut dikatakan tidak boleh untuk diikuti oleh ummat Islam.

Sejumlah tokoh Islam, seperti kitab Shorihul Bayan (Karya Syaikh al-Harari), kitab Bulghotut Tullab (Karya KH. Thoifur Ali Wafa, Sumenep) , dan kitab Mawahibul Fadhol, mengklaim adanya ijma’ (konsensus Ulama’) yang menolak kelayakan Ustadz dalam menerima zakat melalui status sabilillah. Konsekuensinya, klaim khilaf yang menyatakan Ustadz bisa masuk dalam kategori sabilillah ditolak oleh kelompok ini dan dianggap pendapat yang tidak mu’tabar karena menyalahi Ijma’ (khariqul Ijma’).

  • بلغة الطلاب للشيخ طيفور علي وفى ص٢١١

أما سبيل الله فقد انعقد إجماع من يعتد به سواء الائمة الاربعة وغيرهم على انه خاص هنا بالغزاة

  • مواهب الفضل من فتاوى با فضل 38-41

و لا يجوز تقليد غير الأئمة الأربعة كما نص عليه ابن الصلاح و نقل الإجماع عليه أي حتى في العمل لنفسه لعدم الثقة بنسبتها لأربابها بأسانيد تمنع التحريف و التبديل ، وعليه فمن قلد غير الأئمة الأربعة في إخراج الزكاة و صرفها إلى غير مستحقيها من نحو بناء مسجد أو غيره من المصالح العامة مثلا لا تبرأ ذمته منها و يأثم إثما عظيما لأن صرفها لغير مستحقيها مما ذكره السائل كمنعها لأنه خالف الكتاب و السنة و إجماع العلماء في قولهم إن المراد بقوله تعالى : ( و في سبيل الله ) هم الغزاة و إليك الأدلة من كلامهم.

Di sisi lain, ada juga kelompok yang mengklaim adanya ijmak aktsari (konsensus mayoitas) yang menolak praktik tersebut, mengutip pemahaman ulama yang secara konsisten menegaskan prinsip-prinsip hukum Islam yang melarang pengalokasian zakat kepada pihak yang tidak berhak dan mengkhususkan status sabilillah hanya pada kalangan yang ikut perang (ghuzzat)

Kesimpulan dan Saran.

Semua Ulama’ sepakat apabila Ustadz memenuhi kriteria miskin, maka ia berhak menerima zakat. Bahkan memberi zakat kepada mereka memiliki satu keutamaan tersendiri.

Mayoritas Ulama’ menolak Ustadz sebagai sabilillah karena menurut mereka sabilillah hanya terkhusus pada para pejuang perang (ghuzzat). Beberapa Ulama’ lain menyatakan bahwa sah jika Ustadz menyandang status sabilillah karena kelompok ini menafsirkat kata sabilillah sebagai jalan menuju Allah SWT dan Ustadz sebagai salah satu tokoh Agama layak menyandang status itu. Namun pendapat ini oleh beberapa kalangan ditolak dan dinyatakan sebagai pendapat yang tidak sah serta tidak boleh diikuti karena -menurut kelompok ke tiga ini- tafsir sabilillah hanya bagi pejuang perang adalah ijma’ yang merupakan hukum final yang tak boleh ditentang.

Saran kami sebaiknya tetap membayarkan zakat pada golongan yang sudah disepakati Ulama’ selaras dengan prinsip fiqh al-khuruj minal khilaf mustahab (keluar dari kasus yang memicu polemik adalah sunnah) memandang status Ustadz sebagai sabilillah masih diperdebatkan dan beberapa Ulama’ bahkan mengklaim pendapat yang membolehkan adalah pendapat yang tidak sah.

Artikel ini telah dibaca 96 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Kesalahan Regulasi BAZNAS dalam Penerapan Zakat Profesi

5 April 2024 - 13:07 WIB

Bagaimana Perempuan Haid Dapat Pahala di Bulan Ramadan?

21 Maret 2024 - 16:15 WIB

macam-macam darah wanita

Keramas Biar Fresh Ketika Puasa, Bolehkah?

17 Maret 2024 - 09:39 WIB

Kenapa Bulan Ramadan Tidak Termasuk Empat Bulan Hurum?

17 Maret 2024 - 09:34 WIB

Gusi Berdarah Bisa Membatalkan Puasa?

17 Maret 2024 - 09:29 WIB

Mencicipi Makanan saat Puasa Tidak Makruh?

17 Maret 2024 - 09:24 WIB

Trending di Tanya Jawab