Menu

Mode Gelap
Santri: Bukan Hanya Cadangan Pesantren, Tetapi Juga Cadangan Pemerintah Cyberbullying: Ancaman Tersembunyi Di Era Digital Bagaimana Perempuan Haid Dapat Pahala di Bulan Ramadan? Mengenal Peran Duta Damai Santri Jawa Timur Blokagung Bersholawat Berhasil Kobarkan Semangat Para Santri

Suara Santri · 20 Sep 2024 16:59 WIB ·

Memahami Fenomena Bullying di Pesantren


 Memahami Fenomena Bullying di Pesantren Perbesar

Oleh: Citra Sukma Ningsih

Manusia lahir di sebuah keluarga yang tidak bisa memilih  apakah lahir di dalam keluarga harmonis atau broken home karena sebuah keluarga akan membentuk karakter seseorang ke depannya. Jika sebuah keluarga memperhatikan perkembangan sang anak dan memberikan  nilai- nilai baik untuk ditanamkan dan diserap dengan baik oleh anak-anaknya maka keterampilan bersosial dan beradab anak tersebut menjadi lebih baik.

Lingkungan salah satu hal yang sangat penting bagi perkembangan karena sangat memengaruhi karakter seseorang. Sama halnya di dalam lingkungan pesantren yang sudah terkenal dengan tempat yang cocok untuk menempa diri baik dalam segi keilmuan ataupun karakter namun akhir akhir ini menjadi tempat bullying sampai korban yang turut menjadi santri tersebut tewas akibat bully an tersebut.

Indonesia merupakan Negara yang memiliki kekayaan bermacam macam seperti ras, suku, agama, budaya, bahasa dan lain sebagainya yang menjadi symbol dan aset bangsa Indonesia. Akan tetapi dari kekayaan tersebut muncul tantangan diskriminasi bahkan tindakan bullying oleh pihak pihak tertentu karena merasa dirinya/kelompoknya paling benar atau lain sebagainya yang mampu membuat orang lain minder atau takut menghadapinya.

Bullying merupakan istilah yang tidak asing, yakni tindakan menyakiti seseorang atau sekelompok orang baik secara verbal, fisik, maupun psikologis hingga merasa tertekan, trauma dan tak berdaya. Pelaku bullying sering disebut dengan istilah bully. Pelaku bullying ini tidak mengenal jenis kelamin maupun usia.

Bullying merupakan perilaku agresif yang mengandung unsur negatif, yang sering terjadi di lingkungan pendidikan khususnya pesantren, dan dilakukan pada teman yan dianggap lemah atau santri junior. Bullying adalah masalah umum yang bisa terjadi di semua lembaga pendidikan tak terkecuali di pesantren. Bullying dalam pesantren terjadi dalam bentuk fisik, verbal dan sosial.

Hasil penelitian menunjukkan bullying di pesantren terjadi dalam bentuk fisik, verbal, sosial yang bisa disebabkan oleh faktor internal dan eksternal. Akibat dari tindakan bullying tersebut berdampak terhadap psikologis santri sehingga korban menjadi tidak percaya diri, merasa dikucilkan dan memiliki rasa trauma yang berkepanjangan.

Kejadian tersebut mengundang pertanyaan bagaimana dampak bullying terhadap psikologi santri. Dan perilaku bullying berdasarkan data KPAI pada tahun 2024 terdapat 87 kasus tentang bullying. Perilaku bullying di antaranya berupa ancaman fisik seperti memukul, menendang, mendorong, atau dalam bentuk verbal seperti mencela, mengejek, mengintimidasi dan mengisolasi seseorang.perilaku bullying.

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Upaya Dasar Pencegahan Bullying Di Pesantren

20 September 2024 - 21:13 WIB

Dampak Bullying dalam Perspektif Psikologi

20 September 2024 - 21:11 WIB

Istilah Bullying di Dunia Pesantren

20 September 2024 - 21:00 WIB

Santri dan Maulid Nabi

16 September 2024 - 11:22 WIB

Mengenal Tradisi Endog Endogan dalam Peringatan Maulid Nabi di Banyuwangi

15 September 2024 - 06:11 WIB

Asal Muasal Perayaan Maulid Nabi, Dirayakan Seorang Sultan

15 September 2024 - 06:07 WIB

Trending di Suara Santri