Menu

Mode Gelap
Santri: Bukan Hanya Cadangan Pesantren, Tetapi Juga Cadangan Pemerintah Cyberbullying: Ancaman Tersembunyi Di Era Digital Bagaimana Perempuan Haid Dapat Pahala di Bulan Ramadan? Mengenal Peran Duta Damai Santri Jawa Timur Blokagung Bersholawat Berhasil Kobarkan Semangat Para Santri

Suara Santri · 21 Mei 2024 12:37 WIB ·

Peran Pendidikan Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik


 Peran Pendidikan Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Perbesar

Oleh : Mohammad Haris – Duta Damai Santri Jatim

Sebagaimana dijelaskan dalam pasal 1 Undang-undang Nomor 20 Tahun 2023 bahwa Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta aktif untuk mengembangkan potensi dirinya. Serta salah satu tujuan Pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik dalam hal kecerdasan, kepribadian, dan akhlaq mulia, dalam hal ini karakter menjadi tujuan untamanya.

Meskipun dalam kenyataannya, hari ini penerapan pendidikan di Indonesia masih belum bisa maximal dan belum sesuai dengan hasil yang diharapkan. Hal ini terlihat pada proses beberapa lembaga Pendidikan yang lebih mengutamakan penguasaan ilmu pengetahuan daripada proses yang terjadi ketika melalui Pendidikan tersebut. Sehingga banyak sekali siswa didik yang menggunakan segala cara untuk bisa mendapatkan nilai ilmu pengetahuan yang terbaik, meskipun cara itu salah.

Namun sejatinya peran pendidikan yang baik sangat penting dalam membangun potensi  dan karakter seseorang. Ki Hajar Dewantara dalam Kongres Taman Siswa (1930) mengatakan bahwa pendidikan umumnya berarti daya upaya untuk memajukan tingkah laku, pikiran, dan pertumbuhan kematangan anak. Dengan penjelasan itu kita dapat pahami bahwa sesungguhnya pengembangan karakter menjadi salah satu tujuan dari Pendidikan itu sendiri, sehingga dengan Pendidikan yang baik maka akan menghasilkan karakter yang baik dan berkualitas.

Didalam dunia Pendidikan, peran guru dan lingkungan sekolah yang positif sangatlah berpengaruh  dalam membangun karakter peserta didik. Guru harus mampu menguasai materi dan menyampaikannya dengan sebaik mungkin. Interaksi yang dibangun antara guru dan murid harus aktif, kreatif dan komunikatif. Sehingga siswa mampu menyerap nilai-nilai kandungan dalam proses pembelajaran tersebut.

Lingkungan juga merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi perilaku individu, baik itu sifat, akhlaq dan karakter seseorang. Karena manusia tidak bisa melepaskan diri secara Mutlak dari pengaruh lingkugannya. Lingkungan senantiasa selalu tersedia di sekitarnya, oleh karena itu lingkungan di dalam proses Pendidikan haruslah baik dan positif, sehingga nantinya akan membentuk karakter siswa yang baik dan berkualitas pula.

Selain itu, semua komponen didalam dunia Pendidikan termasuk unsur-unsur Pendidikan juga sangat berpengaruh terhadap pembentukan karakter siswa, seperti kurikulum yang digunakan, kualitas hubungan antar guru dengan murid, guru sesama guru, murid sesame murid, pengelolaan pelajaran, sarana dan prasarana serta etos kerja seluruh warga  dilingkungan sekolah. Semua itu mejadi pendukung dalam membentuk karakter siswa yang baik dan berkualitas.

Pada dasarnya, Pendidikan merupakan salah satu hal  penting dalam membangun karakter seseorang untuk generasi yang berkualitas. sehingganya kualitas pendidikan haruslah terus berbenah untuk terus melahirkan generasi bangsa yang berkarakter, berkualitas, berbudi luhur, maju dan bertanggung jawab.

 

Artikel ini telah dibaca 9 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Santri dan Maulid Nabi

16 September 2024 - 11:22 WIB

Mengenal Tradisi Endog Endogan dalam Peringatan Maulid Nabi di Banyuwangi

15 September 2024 - 06:11 WIB

Asal Muasal Perayaan Maulid Nabi, Dirayakan Seorang Sultan

15 September 2024 - 06:07 WIB

Tiga Sikap dan Karakter Kiai Indonesia yang Perlu Diketahui

30 Agustus 2024 - 22:31 WIB

Esensi Makna Kiai

30 Agustus 2024 - 22:20 WIB

Anak Muda dalam Membangun Kehidupan yang Toleran: Studi Kasus di Madura

30 Agustus 2024 - 20:51 WIB

Trending di Suara Santri