Menu

Mode Gelap
Santri: Bukan Hanya Cadangan Pesantren, Tetapi Juga Cadangan Pemerintah Cyberbullying: Ancaman Tersembunyi Di Era Digital Bagaimana Perempuan Haid Dapat Pahala di Bulan Ramadan? Mengenal Peran Duta Damai Santri Jawa Timur Blokagung Bersholawat Berhasil Kobarkan Semangat Para Santri

Damai Pedia · 26 Okt 2023 12:42 WIB ·

Program Bulan Bakti Santri, Cara NU Ranting di Sumenep Meriahkan HSN 2023


 Program Bulan Bakti Santri, Cara NU Ranting di Sumenep Meriahkan HSN 2023 Perbesar

Santrikeren.id-Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Lenteng Barat memiliki cara lain dalam merayakan hari Santri Nasional. Giat program di perayaan hari santri nasional diberi nama Bulan Bakti Santri (BBS).

Rangkaian kegiatan Bulan Bakti Santri yang digagas oleh Pengurus NU Lenteng Barat ini disampaikan dalam kegiatan istigasah santri sekaligus kick off kegiatan Bulan Bakti santri pada hari Kamis, 26 Oktober 2023.

Kiai M. Sukran Hamidy, Ketua NU Lenteng barat mengatakan santri harus terus mengabdi. Mengabdikan dirinya pada agama dan bangsa serta memberikan kontribusi positif kepada masyarakat dan lingkungan sekitar.

“Oleh karenanya dalam momentum hari santri nasional tahun 2023 dikemas dengan kegiatan sosial kemasyarakatan. Hal ini kami lakukan agar kebermanfaatan dari program NU dirasakan oleh masyarakat umum” katanya.

Ia juga menuturkan beberapa program berupa bakti sosial yang akan dilaksanakan di Hari Santri Nasional (HSN) ini diantaranya, bantuan produktif hewan ternak kepada masyarakat prasejahtera, bantuan konsumtif berupa voucher sembako kepada masyarakat prasejahtera, perbaikan kaki jembatan di dusun Angsanah 1, bersih-bersih fasilitas umum dan pemberian jam dinding kepada 20 masjid yang ada di Lenteng Barat.

Menurutnya, kegiatan tersebut akan dilaksanakan secara bertahap dari bulan Oktober sampai Desember 2023. Kegiatan tersebut akan dijadikan program bersama NU Lenteng Barat bersama Banom NU yang ada.

Kiai Sukran mengajak semua banom untuk bergerak bersama. Melibatkan Muslimat, Fatayat, Ansor, IPNU dan IPPNU. Dengan adanya program kolaboratif eksistensi NU di tingkat desa akan lebih terasa.

“Kami sudah berkoordinasi dengan semua pengurus banom agar ke depan dapat bersinergi agar kebermanfaatan NU lebih terasa oleh masyarakat. Bukan sebatas perkumpulan yasinan, tahlil dan sholawatan. Melainkan ada progam pemberdayaan. Kita awali dengan Kegiatan Istigasah santri malam ini. Kita rayakan bersama seluruh keluarga besar NU Lenteng Barat” imbuh Kiai Sukran.

Alumni Pondok Pesantren Annuqayah ini menambahkan bahwa tindak lanjut dari rapat perdana bersama banom akan diadakan rapat koordinasi bulanan keluarga besar NU Lenteng barat. Di dalamnya terdiri dari Pengurus Ranting NU dan semua banom yang ada.

Di akhir acara juga dilaksanakan peresmian kantor NU Lenteng Barat oleh Ketua MWC NU Lenteng K. Moh Saleh Hasan didampingi semua pengurus MWC NU Lenteng yang hadir yakni Rois Syuriah, Wakil Rois Syuriah, Musytasyar MWC NU dan jajaran Wakil Ketua Tanfidziah MWC NU Lenteng.

Kiai Moh Saleh mengapresiasi terhadap program sosial kemasyarakatan yang direncanakan oleh NU Lenteng Barat bersama Banom NU yang ada. Beliau juga berterima kasih karena NU Lenteng barat yang terus berbuat.

“Alhamdulillah, kami berterimakasih kepada NU Lenteng Barat yang telah merancang kegiatan sosial kemasyarakatan dan memiliki Kantor” pungkas Kiai Moh Saleh.

Artikel ini telah dibaca 11 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Duta Damai Santri Jawa Timur Ajak Mahasiswa Unija Sumenep Tolak Paham Radikalisme Terorisme

2 Oktober 2024 - 18:20 WIB

Usai Serah Terima Jabatan, Kepala BNPT RI Komitmen Optimalkan Pencegahan

18 September 2024 - 21:15 WIB

Sejarah UU Pesantren yang Perlu Diketahui Santri

15 September 2024 - 23:05 WIB

Lagi, Ponpes Annuqayah Lubangsa Putri Torehkan Juara Umum Sukarabic Fest VII UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

15 September 2024 - 21:39 WIB

BNPT RI Bentuk Duta Damai Bali, Deputi I: Generasi Muda Benteng Perdamaian di Pulau Dewata

13 September 2024 - 10:04 WIB

Simak Cara Buat Pembalut Kain Ramah Lingkungan ala KKN Universitas Annuqayah

8 September 2024 - 21:07 WIB

Trending di Damai Pedia