Menu

Mode Gelap
Santri: Bukan Hanya Cadangan Pesantren, Tetapi Juga Cadangan Pemerintah Cyberbullying: Ancaman Tersembunyi Di Era Digital Bagaimana Perempuan Haid Dapat Pahala di Bulan Ramadan? Mengenal Peran Duta Damai Santri Jawa Timur Blokagung Bersholawat Berhasil Kobarkan Semangat Para Santri

Damai Pedia · 14 Agu 2023 08:44 WIB ·

KKN Kolaborasi UIN Sunan Kalijaga dan IAIN Kediri Gelar Kajian Kebangsaan dan Kepemudaan


 KKN Kolaborasi UIN Sunan Kalijaga dan IAIN Kediri Gelar Kajian Kebangsaan dan Kepemudaan Perbesar

Santrikeren.id– Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kolaborasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan IAIN Kediri menggelar Kajian Kebangsaan dan Kepemudaan bekerjasama dengan Karang Taruna Desa Tunglur, Sabtu (12/08/2023).

Kajian Kebangsaan dan kepemudaan mengusung tema Relevansi Cinta Tanah Air dan Peran Pemuda di Era Digital.

Kajian ini dihadiri oleh Pemuda Desa, Kadang Taruna, IPNU dan IPPNU Tunglur, Babinsa dan masyarakat Tunglur.

Kegiatan ini merupakan salah satu program unggulan yang dirancang oleh mahasiswa KKN Kolaborasi 69. Tujuan program ini sebagai penopang pemuda dalam membangun karakter yang mempunyai jiwa kepemimpinan.

Pemuda sebagai agen perubahan yang mempunyai semangat tinggi dan solidaritas dalam menghadapi tantangan di era digital ini, sebab nantinya akan menjadi penggerak atau pemimpin yang akan melanjutkan estafet bangsa.

Hosinah, selaku koordinator acara menyampaikan kegiatan ini merupakan program unggulan, sekaligus memperingati 17 Agustus Kemerdekaan Indonesia yang ke-78, sebagai bentuk rasa syukur terhadap pahlawan kita dulu dalam memperjuangkan kemerdekaan.

Kepala Desa Tunglur Bapak Mashudi mengatakan acara seperti sejak lama belum ada forum buat Pemuda Desa bertatap muka seperti ini.

“Bersyukur teman-teman mahasiswa KKN Kolaborasi UIN Sunan Kalijaga dan IAIN Kediri mengadakan acara seperti yang mempertemukan langsung dengan Pemuda desanya, semoga acara seperti tidak hanya sampai di sini” dalam sambutannya, Sabtu (12/08/2023)

Dengan adanya kegiatan ini dapat mengiring pemuda desa untuk selalu melakukan kegiatan-kegiatan yang positif kedepannya.

“Beberapa bulan lalu juga dilakukan sosialisasi dari kecamatan tentang pernikahan dini, beberapa kali desa juga terjangkit masalah narkotika di kalangan remaja, pergaulan bebas dan kenakalan-kenakalan remaja lainnya. semoga tidak ada lagi kasus demikian” tambahnya Bapak Mashudi.

Hal serupa yang disampaikan oleh Bapak Syaiful Anam perwakilan dari Karang Taruna, beliau berharap kegiatan seperti ini terlaksana kembali di hari berikutnya.

“harapannya IPNU IPPNU, Ansor, Fatayat, Pemuda Kristiani dan Pemuda Desa dapat berkolaborasi dengan Karang Taruna, untuk mengadakan kegiatan-kegiatan yang positif” pungkasnya.

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Lagi, Ponpes Annuqayah Lubangsa Putri Torehkan Juara Umum Sukarabic Fest VII UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

15 September 2024 - 21:39 WIB

BNPT RI Bentuk Duta Damai Bali, Deputi I: Generasi Muda Benteng Perdamaian di Pulau Dewata

13 September 2024 - 10:04 WIB

Simak Cara Buat Pembalut Kain Ramah Lingkungan ala KKN Universitas Annuqayah

8 September 2024 - 21:07 WIB

Lagi, Grup Hadrah Liwa’ul Muridat Ponpes Darussalam Sabet Juara 1 Festival Ekonomi Syariah Bank Indonesia Jember

6 September 2024 - 10:08 WIB

KKN Universitas Annuqayah Bantu Warga Olah Singkong Bernilai Ekonomi Kreatif

4 September 2024 - 10:58 WIB

KKN Universitas Annuqayah Jelajahi Inovasi Budidaya Udang Ramah Lingkungan di Sumenep

3 September 2024 - 11:52 WIB

Trending di Damai Pedia